Skip to main content

Okelove

follow us

Cara Root OPPO A1K Tanpa PC

Cara Root OPPO A1K Tanpa PC - Perangkat terbaru OPPO, yaitu A1k yang melenggang pada bulan juni 2019 sepertinya akan menjadi saingan baru di kelasnya, lantaran perangkat ini hadir dengan spesifikasi yang cukup mumpuni dan di hargai sangat terjangkau, belum lagi OPPO A1K memakai daya baterai 4.000 mAh yang menjadi andalan untuk menemani pengguna seharian.

Untuk kesempatan kali ini kami akan membahas cara Root Oppo A1K tanpa PC, bagi yang sedang mencari tutorialnya kebetulan banget, bisa anda simak caranya di bawah ini.

Baca: Cara Root OPPO A3S

Apa itu Root?

Root adalah suatu proses yang dilakukan untuk mendapatkan akses perizinan pada perangkat smartphone, tablet, dan perangkat lainnya yang berjalan pada sistem operasi Android untuk mendapatkan kontrol atau akses yang lebih tinggi pada berbagai subsistem Android tersebut. Jika perangkat Android anda sudah di root maka dapat mengedit file sistem dengan mudah. Seperti menghapus aplikasi bawaan, meningkatkan performa ponsel dan masih banyak lagi manfaat lainnya.

Cara Root Oppo A1k Tanpa PC


Baca: Cara Root Vivo Y17

Untuk melakukan Root Oppo A1K bisa dibilang mudah, karena bisa di root menggunakan aplikasi pihak ketiga. Seperti kingroot, Towelroot, dan lainnya, namun ada 1 syarat yang harus anda lakukan agar bisa memberikan akses Root menggunakan aplikasi pihak ketiga, yaitu harus membuka Bootloader Oppo A1k anda.

Proses 1: Unlock Bootloader OPPO A1K

Proses ini untuk mempermudah aplikasi pihak ketiga memberikan akses Root Oppo A1k, karena kalau di ibaratkan Bootloader adalah perisai pertahanan yang di pasang pada system, jadi untuk mendapatkan akses penuh kita harus membukanya, simak caranya di artikel berikut.

Baca: Cara Unlock Bootloader Oppo A1K

Proses 2: Root Oppo A3s Via Kingroot

  1. Pastikan Oppo A1k terhubung dengan koneksi internet, karena proses Root membutuhkan akses Internet.
  2. Pastikan Baterai diatas 50% atau lebih baik 100%
  3. Download Aplikasi Kingroot Disini
  4. Install aplikasinya, kemudian jalankan. Jika ada notif “Google installation blocked message” (lihat gambar di bawah), pilih “More details” lalu pilih “Install anyway (unsave)” dan “Ok”. Jika tidak ada pesan, lanjut ke langkah selanjutnya.
  5. Jika muncul notifikasi “Pemasangan dicekal” / “Installation Blocked” atau sejenisnya, silahkan pilih Settings > Lock screen and security Lalu aktifkan “Sumber tidak diketahui” / “Unknown sources” dan pilih “OK”.
  6. Sampai tahap ini akan tampil proses instalasi (lihat gambar dibawah), pilih “Install” untuk mulai proses installasi Kingroot, jika sudah selesai pilih “Open” untuk menjalankan aplikasi Kingroot.
  7. Jika aplikasinya sudah terbuka klik “Try it
  8. untuk bisa masuk ke menu root, kemudian klik “Star Root” untuk memulai proses rooting di ponsel Oppo A1k anda.
  9. Proses Root biasanya membutuhkan waktu sekitar 2-5 menit atua bisa saja lebih.
  10. Setelah proses rooting selesai maka akan tampil tulisan “Root Succesfully” pada layar.
  11. Pada tahap ini proses Root sudah berhasil diroot.
  12. Untuk memastikan bahwa Oppo A1k sudah benar-benar rooted, silahkan download aplikasi Root Checker dan jalankan. Jika ada pesan 100% itu artinya Oppo A1k sobat sudah berhasil diroot.
  13. Selesai!!!

Baca: Cara Root Vivo Y91c

Root OPPO A1k via iRoot

Anda juga bisa menggunakan metode yang satu ini. Sebelumnya, anda harus menggunakan laptop, setelah itu nonaktifkan semua aplikasi anti virus yang ada pada pc Anda karena cenderung mengganggu proses Root.

  1. Aktifkan USB Debugging pada perangkat
  2. Aktifkan juga unknown source pada perangkat
  3. Download iRoot for PC
  4. Install aplikasi iRoot pada pc/komputer Anda
  5. Langkah selanjutnya, hubungkan handphone Anda ke PC dengan USB
  6. Jalankan aplikasi iRoot dengan cara klik file exe dan selanjutnya iRoot akan mendeteksi perangkat serta driver secara otomatis Untuk itu diperlukan koneksi internet pada komputer Anda
  7. Setelah handphone Anda terdeteksi, sekarang klik tombol Root
  8. Kemudian proses root akan berjalan, mungkin ini memakan waktu sedikit lama tergantung pada smartphone OPPO A1k anda
  9. Selama proses berlangsung jangan pindahkan, cabut handphone atau melakukan operasi lain karena ini akan mengganggu proses root
  10. Setelah proses selesai handphone akan reboot secara otomatis dan muncul pesan succes/komplit

Itulah tutorial cara root OPPO A1k tanpa PC dengan mudah, pastikan anda melakukan dengan teliti agar berhasil, jika ada kesulitan, anda bisa hubungi melalui formulir kontak yang sudah kami sediakan diatas. Semoga bermanfaat selamat mencoba.

You Might Also Like: