Skip to main content

Okelove

follow us

Cara Root OPPO A3S Tanpa PC

Cara Root OPPO A3S Tanpa PC - Ponsel Oppo A3S merupakan smartphone yang lagi hits saat ini, pasalnya ponsel ini banyak sekali yang memiliki, mungkin spesifikasinya mumpuni dan juga harganya yang terjangkau.

Nah, pada kesempatan kali ini kami akan membahas caranya Root Oppo A3s tanpa PC, bagi anda yang sedang mencari tutorialnya simak caranya di bawah ini. Yang mana kami akan membahasnya secara rinci agar lebih mudah dipahami dan bisa anda terapakan.

Baca: cara mengatasi lupa pola atau sandi OPPO A3s

Lantas apa itu Root? Root adalah suatu proses yang dilakukan untuk mendapatkan akses perizinan pada perangkat smartphone, tablet, dan perangkat lainnya yang berjalan pada sistem operasi Android untuk mendapatkan kontrol atau akses yang lebih tinggi pada berbagai subsistem Android tersebut.

Jika perangkat Android anda sudah di root maka dapat mengedit file sistem dengan mudah. Dengan memiliki akses root, anda bisa menghapus Apps bawaan meningkatkan performa dan masih banyak lagi.

Cara Root Oppo A3S Tanpa PC


Lihat: cara screenshot OPPO A3s

Untuk melakukan Root Oppo A3s bisa dibilang mudah, karena berbeda jauh dengan perangkat Samsung, yang mana prosesnya harus menggunakan fitur TWRP. Lanjut lagi, sebelumnya anda harus melakukan Unlock Bootloader terlebih dahulu.

Proses 1: Unlock Bootloader

Proses ini agar mempermudah aplikasi pihak ketiga memberikan akses Root Oppo A3s, karena jika di ibaratkan Bootloader adalah tameng atau pertahanan yang di pasang pada system, jadi untuk mendapatkan akses penuh kita harus membukanya. Caranya simak pada artikel berikut

Baca: Cara Unlock Bootloader Oppo A3s

Proses 2: Root Oppo A3s Via Kingroot

  1. Pastikan Oppo A3s anda terhubung dengan koneksi internet, karena proses Root membutuhkan akses Internet.
  2. Harap perhatikan Baterai diatas 50% atau penuh lebih baik
  3. Download Aplikasi Kingroot Disini
  4. Jika sudah di download, install aplikasinya, Jika ada notif “Google installation blocked message” (lihat gambar di bawah), pilih “More details” lalu pilih “Install anyway (unsave)” dan “Ok”. Jika tidak ada lanjut ke langkah selanjutnya.
  5. Jika muncul notifikasi “Pemasangan dicekal” / “Installation Blocked” atau sejenisnya, silahkan pilih Settings > Lock screen and security Lalu aktifkan “Sumber tidak diketahui” / “Unknown sources” dan pilih “OK”.
  6. Sampai tahap ini akan tampil proses instalasi (lihat gambar dibawah), pilih “Install” untuk mulai proses installasi Kingroot, jika sudah selesai pilih “Open” untuk menjalankan aplikasi Kingroot.
  7. Jika aplikasinya sudah terbuka klik “Try it
  8. untuk bisa masuk ke menu root, kemudian klik “Star Root” untuk memulai proses rooting.
  9. Proses Rooting biasanya memakan waktu sekitar 2-5 menit bahkan bisa saja lebih.
  10. Setelah proses rooting selesai maka akan tampil tulisan “Rooted” pada layar.
  11. Pada tahap ini proses Root sudah berhasil diroot.
  12. Untuk memastikan bahwa Oppo A3s sudah benar-benar rooted, silahkan download aplikasi Root Checker dan jalankan. Jika ada pesan 100% itu artinya Oppo A3s sobat sudah berhasil diroot.
  13. Selesai!!!

Cara Root OPPO A3S via iRoot

Anda juga bisa menggunakan metode yang satu ini. Sebelumnya, anda harus menggunakan laptop, setelah itu nonaktifkan semua aplikasi anti virus yang ada pada pc Anda karena cenderung mengganggu proses root

  1. Aktifkan USB Debugging pada perangkat
  2. Aktifkan juga unknown source pada perangkat
  3. Download iRoot for PC
  4. Install aplikasi iRoot pada pc/komputer Anda
  5. Langkah selanjutnya, hubungkan handphone Anda ke PC dengan USB
  6. Jalankan aplikasi iRoot dengan cara klik file exe dan selanjutnya iRoot akan mendeteksi perangkat serta driver secara otomatis Untuk itu diperlukan koneksi internet pada komputer Anda
  7. Setelah handphone Anda terdeteksi, sekarang klik tombol Root
  8. Kemudian proses root akan berjalan, mungkin ini memakan waktu sedikit lama tergantung pada smartphone OPPO A3s anda
  9. Selama proses berlangsung jangan pindahkan, cabut handphone atau melakukan operasi lain karena ini akan mengganggu proses root
  10. Setelah proses selesai handphone akan reboot secara otomatis dan muncul pesan succes/komplit

Itulah tutorial yang bisa kami sampaikan, untuk melakukan root dan agar bisa berhasil silahkan baca dengan teliti, jika menemui masalah silahkan kontak kami.

You Might Also Like: